SISTEM REWARDS PADA PENJUALAN BISNIS HERBALIFE DI CLUB YOLA CERIA JAKARTA BARAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

  • Niswati Fauziah Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Suliyono Suliyono Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Abdul Rahman Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
Keywords: Bisnis, Rewards, Herbalife, Penjualan, Ekonomi Syariah

Abstract

Fokus penelitian ini menjelaskan tentang pemberian rewards pada produk penjualan Herbalife yang ada di Club Yola Ceria Jakarta Barat. Sistem penjualan Herbalife seperti ini merupakan bisnis Multi Level Marketing (MLM) yang juga bagian dari aspek kegiatan muamalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian lapangan yang data-datanya dinyatakan dalam bentuk kata atau kalimat. Metode penelitian ini bersifat deskriptif analisis karena data yang dianalisis tidak untuk menerima atau menolak hipotesis melainkan hasil analisis itu berupa deskripsi dari gejala diamati yakni sistem rewards pada penjualan bisnis Herbalife. Penelitian menemukan sistem rewards penjualan bisnis Herbalife setiap produk Herbalife memiliki nilai volume point yang besarnya sama di seluruh negara. Volume point tersebut yang akan menentukan royalty dan bonus yang akan di dapatkan oleh pembisnis sehingga tidak ada pihak rugikan karena masing-masing akan mendapatkan sesuai dengan kontribusinya. Hal ini sesuai dalam hukum Islam mempunyai prinsip dalam berbisnis harus terbebas dari unsur dharar (bahaya), jahalah (ketidakjelasan) dan zhulm (merugikan atau tidak adil) terhadap salah satu pihak. Oleh karena itu, sistem pemberian bonus harus adil, dan tidak hanya menguntungkan orang yang di atas. maka dapat disimpulkan Bisnis herbalife terbebas dari unsur MAGHRIB yaitu Maysir (judi), Gharar (penipuan), Riba (bunga), dan Bathil.

Published
2024-08-29