EKSISTENSI HIJAB DAN HUBUNGANNYA DALAM PENDIDIKAN

  • Ma'rufatun Ma'rufatun Institut Binamadani Indonesia, Tangerang
  • Mohamad Zaenal Arifin Institut Binamadani Indonesia, Tangerang
Keywords: Hijab, Pendidikan, Perkembangan Hijab

Abstract

Hijab kini bukan hanya sebagai bukti identitas keagamaan seseorang, namun menjadi sebuah trend fashion dan trend mode. Perkembangan hijab yang mengikuti dinamika kehidupan menunjukan bahwa hijab bukan lagi soal agama, melainkan soal sosial dan budaya yang telah ada sejak dahulu. Media sosial sebagai sarana hijab semakin berkembang menjadikan hijab menjadi suatu komoditi yang cocok bagi semua kalangan dan terus menarik konsumen. Eksistensi hijab inilah yang ternyata memiliki hubungan erat dengan pendidikan, di mana hijab memiliki pengaruh dalam proses pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan library research, di mana peneliti mencari, menganalisis, dan menyimpulkan bahan penelitian dari buku, artikel, website, serta jurnal terakreditasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hijab memiliki hubungan yang kompleks bagi dunia pendidikan. Meskipun masih banyak beragam kontroversi mengenai penggunaan hijab di sekolah, hal itu masih menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh lembaga pendidikan bahwa seharusnya dunia akademis memperhatikan nilai-nilai toleransi dan keberagamaan. Hijab juga sebagai bentuk membangun pendidikan karakter, dengan memakai hijab bukan hanya sekedar mematuhi perintah agama atau mengikuti trend, melainkan membentuk karakter religius, percaya diri, sopan, saling menghormati, rendah hati, menjaga batasan dan mendorong untuk memiliki akhlak terpuji.

Published
2025-02-11
How to Cite
Ma’rufatun, M., & Arifin, M. (2025). EKSISTENSI HIJAB DAN HUBUNGANNYA DALAM PENDIDIKAN. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 87-97. https://doi.org/10.51476/dirasah.v8i1.741
Section
Articles