TRANSFORMASI PEMBELAJARAN PAI PASCA COVID-19 DI MIN 2 ACEH TAMIANG

  • Izza Aulia Savira Pascasarjana IAIN Langsa, Indonesia
  • Mahyiddin Mahyiddin Pascasarjana IAIN Langsa, Indonesia
  • Sri Utami MIN 2 Aceh Tamiang
Keywords: Transformasi Pembelajaran, PAI, Pasca Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan signifikan pada berbagai aspek pendidikan, termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MIN 2 Aceh Tamiang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi pembelajaran PAI setelah pandemi, mencakup metode pembelajaran, kurikulum/ materi pembelajaran, dan sistem evaluasi yang digunakan dalam mendukung proses pembelajaran. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN 2 Aceh Tamiang telah melakukan perubahan terhadap metode pembelajaran, kurikulum pembelajaran serta sistem evaluasi dengan mengadopsi teknologi digital secara lebih luas, seperti penggunaan aplikasi pembelajaran daring dan media sosial sebagai sarana pendukung. Transformasi ini juga mendorong peningkatan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi dengan materi PAI. Temuan penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi dan adaptasi dalam pembelajaran pasca pandemi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Published
2025-02-11
How to Cite
Savira, I., Mahyiddin, M., & Utami, S. (2025). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN PAI PASCA COVID-19 DI MIN 2 ACEH TAMIANG. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 58-66. https://doi.org/10.51476/dirasah.v8i1.735
Section
Articles