MPLS: MENJAWAB TANTANGAN ADAPTASI PESERTA DIDIK BARU SESUAI KOGNITIF ANAK

  • Miftahul Jannah Mahasiswa Pascasarjana IAIN Langsa, Indonesia
  • Nurhafni Nurhafni Kepala Sekolah SDIT HWN Langsa, Indonesia
  • Mohd. Nasir Dosen Pascasarjana IAIN Langsa, Indonesia
Keywords: Kognitif, MPLS, Peserta Didik Baru

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS merupakan salah satu tren pendidikan sebagai jawaban dari tantangan adaptasi peserta didik baru, apalagi untuk peserta didik baru tingkat Sekolah Dasar. Penulis mengevaluasi program MPLS di SDIT Hudawannur apakah sudah sesuai dengan kognitif anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Program MPLS di SDIT Hudawannur berlangsung selama 3 hari terhitung dari hari pertama masuk sekolah. Adapun agenda hari pertama adalah pengenalan lingkungan sekolah dan pengenalan adab salam santun. Agenda hari kedua adalah bermain permainan yang menstimulus sistem motorik anak. Sedangkan agenda hari ketiga adalah bermainan permainan tradisional. Semua agenda dibimbing dan di awasi oleh semua guru di SDIT Hudawannur. Semua kegiatan di MPLS SDIT Hudawannur dinilai sesuai dengan masa kognitif peserta didik baru, yaitu masa preoperasional. Namun agenda MPLS hari kedua dengan kegiatan bermain permainan yang menstimulus sistem motorik anak perlu dilakukan evaluasi karena jarak antara simbol permainan terlalu lebar jika dibandingkan dengan langkah kaki anak kelas 1 SD. Adapun kegiatan di hari pertama dan ketiga sudah sesuai dengan peserta didik baru. Dari wawancara dan ebservasi penulis, dampak dari MPLS SDIT Hudawannur dinilai efektif dalam membantu peserta didik dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah barunya.

Published
2025-02-11
How to Cite
Jannah, M., Nurhafni, N., & Nasir, M. (2025). MPLS: MENJAWAB TANTANGAN ADAPTASI PESERTA DIDIK BARU SESUAI KOGNITIF ANAK. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.51476/dirasah.v8i1.730
Section
Articles