PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR DHUHAA ISLAMIC SCHOOL KARANG TENGAH KOTA TANGERANG
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan kegiatan kepramukaan untuk membentuk karakter religius siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif di mana data-data penelitian bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa kegiatan kepramukaan di SD Dhuhaa Islamic School digunakan sebagai sarana untuk membangun karakter dan keterampilan siswa melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan dan mendidik. Kegiatan ini melibatkan anggota pramuka dari kelompok Siaga dan Penggalang yang berusia antara 7 hingga 12 tahun. Berbagai kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan meliputi latihan rutin, PERJUSA (Perkemahan Jum’at Sabtu), dan jelajah alam, yang di dalamnya diberi muatan-muatan religius seperti pembiasaan berdo’a sebelum dan setelah melakukan kegiatan, melaksankan ibadah shalat secara berjamaah, dan tadabur alam. Selain itu, untuk mendukung pembentukan karakter religius siswa juga dilatih menerapkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari seperti bersikap jujur, berperilaku tanggung jawab, berdisiplin, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dan berbagi pangan kepada orang-orang yang membutuhkan. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa kegiatan pramuka di SD Dhuhaa Islamic School mampu membentuk karakter religius siswa. Hal yang mendukung keberhasilan membentuk karakter religius tersebut adalah adanya dukungan sekolah, guru, dan orang tua siswa. Meski demikian, dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan dialami juga hambatan-hambatan seperti jadwal akademik yang padat, keterbatasan fasilitas, kurangnya minat siswa, dan cuaca buruk.
Copyright (c) 2025 Zahra Aditya, Fatimah Askan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.