PENANAMAN KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL MELALUI PROGRAM MARKET DAY PADA SISWA SDIT YASIR KOTA TANGERANG

  • Amelia Ramadanti Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Siti Murtinigsih Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
Keywords: Literasi Finansial, Program Market Day, Faktor Pendukung dan Penghambat

Abstract

Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah program Market Day yang dilakukan di SDIT Yasir guna meningkatkan  literasi finansial siswa serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program Market Day tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelititian kualitatif di mana untuk memperoleh datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data memakai metode analisis deskriptif di mana data yang sudah terkumpul akan dideskripsikan menggunakan kata-kata yang menggambarkan kenyataan atau realita dari apa yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Market Day di SDIT Yasir diadakan di halaman sekolah yang berbentuk bazzar yang dilaksanakan setiap bulan sekali. Program Market Day di SDIT Yasir dirancang untuk mendukung pengembangan diri siswa dalam berwirausaha, membentuk skill mengelola keuangan secara baik, dan menguatkan pemahaman siswa  tentang sistem jual beli. Kesimpulan penelitian ini bahwa program Market Day dapat meningkatkan kemampuan literasi finansial siswa SDIT Yasir. Terdapat faktor yang mendukung program Market Day yaitu: sarana dan prasarana yang memadai, adanya program sekolah lainnya yang mendukung, semangatnya peserta didik, dan dukungan dari dewan guru dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu: masih didapati siswa yang belum menyukai kegiatan Market Day, kurangnya  persiapan peserta didik dalam kegiatan Market Day, orang tua merasa berat mengeluarkan uang lagi, dan siswa merasa bingung tentang uang kembalian untuk pembeli

Published
2024-08-04
How to Cite
Ramadanti, A., & Murtinigsih, S. (2024). PENANAMAN KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL MELALUI PROGRAM MARKET DAY PADA SISWA SDIT YASIR KOTA TANGERANG. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 115-127. https://doi.org/10.51476/dirasah.v7i2.677
Section
Articles