IMPLEMENTASI BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBENTUK VIDEO PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI SDIT ISKANDAR MUDA ACEH UTARA
Abstract
Penggunaan bahan ajar pendidikan agama Islam dengan bentuk video pada model pembelajaran mengambil peran penting dalam pencapaian pendidikan. Penerapan media video pada model problem solving merupakan hal yang penting karena dapat memudahkan guru dan siswa dalam menanamkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pada model problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDIT Iskandar Muda Aceh Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif sedangkan pengumpulan data menggunakan beberapa teknik atau metode, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa penggunaan media video pada model problem solving berdampak terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Penggunaan media video dan model problem solving berhasil digunakan karena dalam pembelajaran siswa diarahkan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhannya yang maju di dalam belajar.
Copyright (c) 2024 Elia Fathira, Farhan Athailah, Afdhaluzzikri Afdhaluzzikri, Saiful Bahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.