IMPLEMENTASI PROGRAM KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN JIWA RELIGIUS DI MI AR-RIYADHUL BADI’AH, PINANG, TANGERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan jiwa religius melalui program keagamaan yang dilakukan di MI Ar-Riyadhu Badi'ah, Pinang, Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program meningkatkan jiwa religius di MI Ar-Riyadhul Badi'ah, Pinang, Tangerang, dilaksanakan melalui tahapan; Pertama, Perencanaan, yang diawali dengan pembentukan kelompok kerja yang terdiri dari guru, kepala sekolah dan anggota dewan sekolah yang bekerja membentuk program tersebut. Pada tahap perencanaan ini dilakukan identifikasi tujuan, analisis kebutuhan, pengembangan kurikulum, menyiapkan sumber daya, menyiapkan pendekatan pembelajaran, kolaborasi yang diperlukan. Kedua, Pelaksanaan, di mana para guru melaksanakan program-program keagamaan yang telah direncanakan sebelumnya. Program-program keagamaan yang dilaksanakan berorientasi pada pengenalan konsep ibadah, pemahaman tentang Allah Swt, kegiatan ibadah harian, pembinaan keikhlasan, dan penanaman nilai-nilai sosial. Ketiga, Evaluasi, untuk melihat target yang telah ditentukan, apakah telah tercapai atau belum. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh kesimpulan bahwa jiwa religius di MI Ar-Riyadhul Badi'ah mulai tumbuh dan mengalami peningkatan. Indikatornya, di antaranya adalah berdoa ketika melakukan kegiatan, siswa berbicara sopan kepada orang tua, menyelesaikan tugas tepat waktu, terbiasa melakukan ibadah-ibadah sunnah, menghafal surat-surat pendek, dan berempati pada orang lain. Terjadinya peningkatan jiwa religius tersebut dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi pihak sekolah.
Copyright (c) 2024 Abdul Latif, Istianah Istianah, Firda Rahma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.