NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN DONGENG ANAK DUNIA KARYA SYAFF BANTA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR

  • Quratul Aini Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Riddo Andini Fakultas Tarbiyah STIT Syekh Burhanuddin Pariaman
Keywords: Dongeng, Pendidikan Karakter, Perkembangan Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggali nilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan dongeng "Anak Dunia". Dalam dunia pendidikan upaya membentuk dan mengambangkan karakter-karakter baik seringkali mengalami kesulitan terutama dalam hal penggunaan media pembelajaran yang cocok dan sesuai dengan perkembangan anak usia sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif kepustakaan (Library Research). Adapun pendektan yang digunakan dalam pembahsannya adalah deskriptif dan analisis isi (Content Analisys). Sumber data primer yang penulis gunakan adalah buku kumpulan dongeng “Anak Dunia” karya Syaff Banta. Sebagai data pendukung yaitu buku-buku dan jurnal yang relevan dengan tema yang dibahas. Selanjutnya, data-data tersebut dibahas secara sistematis dan dianalisis sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa kumpulan dongeng “Anak Dunia” memuat unsur intrinsik, terutama unsur tema penceritaan dan penokohan yang banyak sekali mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Dari segi tema, setidaknya terdapat 6 kelompok tema yang dimuat: man jadda wajada, kebiasaan baik, perbaiki diri, akhlak tercela, kasih sayang dan kebersamaan, dan tanggung jawab. Sementara dari segi penokohan, tokoh yang diperankan oleh binatang, seperti semut, singa, anjing, dan lainnya. Kesimpulan penelitian ini adalah dalam kaitannya dengan diri sendiri nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung sebanyak 7 macam: kerja keras, kreatif, peduli sosial, bersahabat, tanggung jawab dan religius. Relevansinya dengan perkembangan anak usia sekolah dasar, penanaman karakter pada tahap perkembangan kognitif hendaknya diarahkan pada penguatan nilai tanggung jawab dan mandiri; tahap perkembangan sosio-emosional berupa penguatan nilai menghargai dan peduli sosial; tahap perkembangan bahasa berupa penguatan nilai persahabatan; perkembangan fisik-motorik diarahkan pada penguatan nilai kreatif; dan tahap perkembangan keagamaan berupa penguatan nilai kejujuran dan religius.

Published
2024-02-06
How to Cite
Aini, Q., & Andini, R. (2024). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN DONGENG ANAK DUNIA KARYA SYAFF BANTA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 7(1 Februari), 14-29. https://doi.org/10.51476/dirasah.v7i1.595