ANALISIS MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA TEMA KETABAHAN NABI MUHAMMAD SAW DAN SAHABAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

  • Nurul Hidayah Siregar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Muhammad Kosim Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Rehani Rehani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
Keywords: Analisis, Pengembangan, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis ruang lingkup materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan menganalisis materi berdasarkan buku teks Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) agar materi yang telah ada dapat dikembangkan. Materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang akan dikembangkan yaitu materi tentang “Ketabahan Nabi Muhammad Saw dan Sahabat” yang terdapat dalam bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada kelas IV semester 1. Pemilihan materi ini dilakukan karena adanya kekurangan dari segi keluasan dan kedalaman materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas IV semester 1 untuk itu dilakukan analisis keluasan dan kedalaman materi sehingga sesuai dengan tujuan pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode Research And Depelopment (R&D). melalui model pengembangan 4-D (define, design, develop, dessimination) yaitu metode penlitian yang menghasilkan produk-produk pembelajaran yang diawali dengan analisis kebutuhan, pengembangan produk, evaluasi produk, revisi dan penyebaran produk. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dengan menganalisis materi Sejarah Kebudayaahn Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah khususnya pada materi “Ketabahan Nabi Muhammad Saw dan Sahabat” pada kelas IV semester 1, diharapkan dapat mengetahui apa saja keluasan dan kedalaman yang perlu ditambahkan dalam materi tersebut serta pengembangan bahan ajar menggunakan handout.

Published
2024-02-06
How to Cite
Siregar, N., Kosim, M., & Rehani, R. (2024). ANALISIS MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA TEMA KETABAHAN NABI MUHAMMAD SAW DAN SAHABAT DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 7(1 Februari), 30-40. https://doi.org/10.51476/dirasah.v7i1.590