PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS II MI PLUS ALMAQBUL KOTA TANGERANG
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh penerapan secara eksperimen pada mata pelajaran tematik dengan metode cooperative larning dengan tipe make a match. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen. Dalam penelitian ini, manipulasi atau pelakuan yang diberikan adalah metode cooperative learning tipe make a match kepada kelompok eksperimen. Yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Plus Al-Maqbul Kota Tangerang. Teknik yang diigunakan untuk mengambil sampel dalam penelitian ini adalah random sampling (random kelas/tidak merandom siswa). Sehingga yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah kelas II A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 orang dan II B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 orang. Hasil dari penelitian ini adalah dari hasil perhitungan uji t ternyata terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Pembelajaran make a match terhadap hasil belajar Tematik siswa Kelas II MI Plus Al-Maqbul Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil didapat nilai thitung > ttabel (3,425 > 2,327), demikian juga dengan nilai Sig > α (0,001 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar tematik antara kedua kelas. Hal itu berarti terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan hasil belajar tematik setelah mendapatkan perlakuan dengan Metode Pembelajaran make a match.
Copyright (c) 2023 Lily Leona Dewi Fatimah, istianah istianah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.