KONSEP PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
Abstract
penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat menjadi pondasi
untuk membentuk penguatan pendidikan karakter (PPK) siswa sekolah dasar. Pendidikan Pancasila merupakan
mata pelajaran yang diterapkan sebagai pengganti mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada kurikulum
merdeka belajar, yang mana merupakan salah satu mata pelajaran leading sector untuk membentuk dan
mengembangkan karakter siswa yang bertumpu pada konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) karena
pendidikan karakter di Indonesia secara khas diintegrasikan pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian
ini didesain menggunakan penelitian pustaka yang mengkaji konsep Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dapat
diaplikasikan pada pembelajaran pendidikan Pancasila. Beberapa karakter yang dijadikan acuan yang
mengandung nilai-nilai Pancasila sebagai berikut; karakter religious, peduli sosial, semangat kebangsaan,
kemandirian, demokratis, toleransi, dan disiplin. Beberapa poin karakter tersebut diharapkan dapat
Mengembangkan karakter melalui pembelajaran dan kegiatan di luar pembelajaran melalui kegiatan rutin dan
kegiatan di luar aktivitas sekolah.
Copyright (c) 2023 siti murtiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.