Penyelenggaraan Program Akselerasi Bagi Anak Berbakat di SMART Ekselensia Indonesia

  • Yudhi Fachrudin STAI Binamadani
Keywords: Anak Cerdas dan Berbakat, Program Akselerasi

Abstract

Terdapatnya anak-anak dengan potensi beragam mengharuskan tindakan berbeda dalam menanganinya. Perbedaan perlakuan diperlukan untuk memastikan potensi anak dapat berkembang sesuai kemampuannya lebih optimal. Anak yang memiliki potensi lebih membutuhkan perlakuan berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Pada Negara yang tingkat pendidikan maju sudah mampu memanfaatkan potensi ini demi pembangunan bangsanya. Setidaknya Negara memfasilitasi pengembangan bakat dalam suatu sistem layanan khusus bagi anak-anak berbakat ini.
Penelitian ini menjawab bagaimana program akselerasi memfasilitasi dalam mengoptimalkan potensi dan bakat anak didiknya?. Dengan menjadikan sekolah SMART EI sebagai obyek penelitian, sebagai sekolah yang telah menyelenggarakan program akselerasi dengan model yang dikembangkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penyelenggaraan Program Akselerasi di SMART Ekselensia Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian lapangan (field research), latarnya adalah sekolah SMART Ekselensia Indonesia, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (pengamatan), wawancara terstruktur, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan memberi makna atau penafsiran terhadap data yang berhasil dikumpulkan dengan analisis deskriptif kualitatif, dari makna tersebut kemudian diberi kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan; Program Akselerasi yang diselenggarakan SMART Ekselensia Indonesia sebagai upaya dalam menumbuhkembangkan potensi dan bakat anak didiknya. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan, pertama, pengidentifikasian anak berbakat sesuai kriteria yang diharapkan, kedua, penyelenggaraan program-program layanan pendidikan dengan perumusan kurikulum berdiferensiasi. Dengan strategi ini, SMART Ekselensia Indonesia memodifikasi isi dan struktur kurikulum, modifikasi waktu dan memodifikasi kegiatan belajar mengajarnya. Dengan demikian dapat disimpulkan Tesis ini, penyelenggaraan program akselerasi berperan meningkatan kecerdasan, kreativitas, dan komitmen terhadap tugas siswanya, selain itu juga program akselerasi berperan mengembangkan potensi diri siswa baik karakter maupun keterampilan dalam hidup serta keberlanjutan untuk masuk perguruan tinggi bagi alumni SMART EI.
Kata Kunci: Anak Cerdas dan Berbakat, Program Akselerasi

Published
2019-06-17
How to Cite
Fachrudin, Y. (2019). Penyelenggaraan Program Akselerasi Bagi Anak Berbakat di SMART Ekselensia Indonesia. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 23-37. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/53