PENGUATAN KARAKTER NASIONALIS PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR

  • Yusnia Hajaniah
  • Jaenal Arifin STAI Binamadani
Keywords: karakter nasionalis, program ramah anak, sekolah ramah anak

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana sekolah menerapkan penguatan karakter nasionalis peserta didik melalui program ramah anak. Program ramah anak merupakan rangkaian kegiatan terprogram yang diadakan sekolah dasar negeri Bojong 3 yaitu  untuk memfasilitasi dan mengembangkan potensi peserta didik serta menjamin dalam memenuhi hak, memberikan perlindungan, rasa nyaman, aman dengan tujuan untuk  mendapatkan pengetahuan, pengalaman, serta pengalaman  belajar yang menyenangkan dan terhindar dari tindakan diskriminasi  dan kekerasan selama berada di sekolah. Metode penelitian ini bersifat deskriptif, mengungkap dan menganalisis secara menyeluruh dan mendalam. Penelitian menemukan bahwa dalam pelaksanaannya penguatan karakter nasionalis peserta didik melalui program ramah anak memiliki 3 aspek yang mendukung yaitu : (1) melalui kebijakan yang diterapkan di sekolah,(2) melalui program adiwiyata berbasis lingkungan, (3) melalui kegiatan pengembangan diri seluruh peserta didik melalui kegiatan  baik di dalam maupun di luar kelas Penelitian ini menyimpulkan bahwa penguatan karakter nasionalis peserta didik telah berhasil terbukti dengan adanya perubahan karakter nasionalis peserta didik yang antusias mengikuti  kegiatan yang ada seperti pengembangan diri melalui kegiatan berkreasi membuat prakarya yaitu menghias berbagai macam rupa berbagai macam rumah adat yang ada di indonesia dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan  dan ikut serta dalam kegiatan permainan tradisional dalam upaya untuk melestarikan budaya bangsa, serta perubahan sikap disiplin positif dan menghargai jasa pahlawan yang berjuang membela negara yang mencerminkan karakter nasionalis peserta didik yaitu datang ke sekolah tepat waktu, mengikuti upacara dengan tertib dan hikmat, menggunakan seragam rapi, bersih dengan artibut lengkap.

Published
2023-08-19
How to Cite
Hajaniah, Y., & Arifin, J. (2023). PENGUATAN KARAKTER NASIONALIS PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM RAMAH ANAK DI SEKOLAH DASAR. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 96-106. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i2.529
Section
Articles