Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Pengajaran bahasa Inggris di tingkat SD/MI mulai diperkenalkan pada tahun 1994. Hal tersebut tertuang melalui kebijakan pemerintah dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 tanggal 25 Februari 1993 tentang dimungkinkannya program bahasa Inggris sebagai mata pelajaran muatan lokal SD/MI. Sejak saat itu mata pelajaran bahasa Inggris diajarkan mulai dari kelas 4, 5 sampai kelas 6 dan masuk dalam muatan lokal. Namun setelah hampir dua dasawarsa pengajaran bahasa Inggris di SD/MI pencapaian akan kemampuan bahasa Inggris siswa dinilai masih rendah. Banyak faktor yang menjadi penyebab salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar dikelas yang kurang efektif, seperti penggunaan media yang tidak terlaksana, gaya mengajar guru dan metode pembelajaran yang tidak tepat. Maka sudah saatnya merubah semua itu dengan inovasi pembelajaran bahasa Inggris di SD/MI yaitu dengan penggunaan media pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan, pendekatan guru terhadap murid dengan baik dan metode pembelajaran yang tepat.
Kata kunci : Inovasi, Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah.