ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

  • Yudhi Fachrudin STAI Binamadani
Keywords: Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam termasuk rumpun keilmuan Pendidikan Agama Islam. Dalam penerapannya, berkembang diskursus berkenaan konsep keilmuan SKI di MI, MTs dan MA, cakupan materi SKI, praktik pembelajaran sampai evaluasi pembelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepsi sejarah kebudayaan Islam (SKI), tujuan pembelajaran SKI, isi materi SKI (MI, MTs, dan MA), strategi pembelajaran SKI serta evaluasi pembelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran SKI perlu dikembangkan secara utuh, tidak hanya pengetahuan dan hafalan, cakupan materi SKI yang luas, praktik pembelajaran SKI berlangsung kurang menarik minat siswa, serta evaluasi pembelajaran belum maksimal diterapkan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran SKI.  

Published
2023-02-28
How to Cite
Fachrudin, Y. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 51-61. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/458