ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Abstract
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam termasuk rumpun keilmuan Pendidikan Agama Islam. Dalam penerapannya, berkembang diskursus berkenaan konsep keilmuan SKI di MI, MTs dan MA, cakupan materi SKI, praktik pembelajaran sampai evaluasi pembelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsepsi sejarah kebudayaan Islam (SKI), tujuan pembelajaran SKI, isi materi SKI (MI, MTs, dan MA), strategi pembelajaran SKI serta evaluasi pembelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran SKI perlu dikembangkan secara utuh, tidak hanya pengetahuan dan hafalan, cakupan materi SKI yang luas, praktik pembelajaran SKI berlangsung kurang menarik minat siswa, serta evaluasi pembelajaran belum maksimal diterapkan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran SKI.
Copyright (c) 2023 Yudhi Fachrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.