PENERAPAN METODE DONGENG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH

  • Rizqianti Rizqianti
  • Siska Oktavera stai binamadani
Keywords: metode dongeng, kelas rendah, keterampilan membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di SDI Al Falah III Jakarta Barat.  Penelitian ini juga bertujuan untuk menerapkan metode berdongeng dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan proses pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu : Observasi, Wawancara, dan Dokumantasi, Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik analisis isi deskriptif yang dilakukan menggunakan lembaran wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode berdongeng dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa dalam mata pelajaran akidah dan tematik. Dari data yang diperoleh  dapat diketahui siswa mampu menguasai jenis membaca intensif dengan kategori membaca nyaring dan membaca teliti, sedangkan untuk jenis membaca ekstensif siswa mampu mengetahui jenis membaca kreatif, untuk aspek membaca siswa dapat menguasai keterampilan yang bersifat permulaan dan belum semua siswa mampu menguasai keterampilan yang bersifat pemahaman. Faktor  -faktor yang mempengaruhi penerapan metode dongeng untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa adalah faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung tersebut adalah  kemampuan guru dalam menguasai materi pelajaran, fasilitas sekolah, dan antusias siswa. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan metode berdongeng dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa adalah dari faktor eksternal dan internal siswa. Factor eksternal seperti sarana sekolah, keluarga dan lingkungan yang mempengaruhi minat siswa, sedangkan faktor internal yaitu kesiapan siswa, minat siswa dan konsidi fisik siswa tersebut.

Published
2023-02-28
How to Cite
Rizqianti, R., & Oktavera, S. (2023). PENERAPAN METODE DONGENG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS RENDAH. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 22-29. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.457
Section
Articles