PENGARUH MODEL DISCOVER LEARNING BERBANTU AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 14 PADANG PANJANG TIMUR
Abstract
Dalam pembelajaran ipa terkhususnya kelas V ini melingkupi kurikulum k13 yang kenyataannya masih urang tampaknya pada hasil evaluasi belajar disekolah dasar,pembelajaran ini masih terlaksana secara lebih ke monoton karena prioritas pendidik lebih besar dari peserta didik.Inilah yang menurut peneliti merasa tertarik dan perlunya sebuah inovasi ketika melakukan kegiatan pembelajaran.sehingga yang bisa diharapkan peserta didik itu mampu merangsang dirinya agar lebih aktif lagi serta berfikir dengan kritis .Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kelas (PTK). Dalam subjek penelitian ialah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, dalam hal ini dalam proses metode pengumpulan data yang dipergunakan yaitu sejumlah pengamatan dan dilakukan beberapa kalintes didalam penelitian. Dalam instrument pengumpulan data berupa soal tes yang berbentuk multiple cois dan lembar observasi berbagai aktivitas pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian ini ditunjukkan pada sikllus I yang terkategorikan aktif dengan rata-rata skor 20% dan pada siklus II yang telah dilakukan peserta didik mempunyai tingkatan terkategori sebagai sangat aktif dengan rata – rata 60%, dengan hal yang demikian itulah pencapaian dari sebuah indicator terhadap aktifitas peserta didik sudah tercapai. Maka dari itu proses pembelajaran yang digunakan ketika model discovery learning dapat memiliki dampak mempengaruhi tingkatan aktifitas belajar siswa.
Copyright (c) 2023 riska aulia 14, Fioniza Rahmatillah Zikra, Kessy Elfira, Kessy Elfira, Maysah putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.