KECERDASAN INTRAPERSONAL SEBAGAI KEMAMPUAN DASAR INTERAKSI SISWA SD PADA PEMBELAJARAN IPS

  • Istianah Istianah STAI Binamadani
Keywords: Kecerdasan Intrapersonal, Kemampuan dasar siswa, Pembelajaran IPS

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk untuk membahas secara konsepsi mengenai kecerdasan intrapersonal yang harus
dimiliki oleh siswa SD sebagai kemampuan dasar untuk berinteraksi dalam pembelajaran IPS di kelas. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pustaka, yaitu mengkaji teori kecerdasan intrapersonal yang dapat dijadikan
sebagai kemampuan dasar siswa untuk berinteraksi dalam pembelajaran IPS. Usia dasar tingkat rendah merupakan
dalam rangka perkembangan kecerdasan intra personal yang diangggap menjadi peran penting. Hal ini membuat
guru untuk sangat vocal membantu mengembangkan kecerdasan interpersonal di sekolah. Kecerdasan
intrapersonal merupakan bagian dari kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional meliputi cerdas dalam
menyadari emosi, perasaan, dan motivasi diri. Kecerdasan intrapersonal jika diterapkan dapat mempengaruhi
nilai siswa baik dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis kecerdasan intrapersonal yang dapat diraih oleh
siswa sebagai dasar interaksi dalam pembelajaran IPS adalah dapat menganalisis kelebihan dan kekurangan yang
ada pada dirinya, dapat menganalisis ide yang dihasilkan, memiliki kesadaran diri, memahami motivasi dan
perasaan diri sendiri.

Published
2022-08-28
How to Cite
Istianah, I. (2022). KECERDASAN INTRAPERSONAL SEBAGAI KEMAMPUAN DASAR INTERAKSI SISWA SD PADA PEMBELAJARAN IPS. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 111-118. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.407
Section
Articles