Literasi Kesehatan: Peluang Pembelajaran Sekolah Dasar dalam Mitigasi Covid-19
Abstract
Penyebaran COVID-19 nampaknya belum menunjukkan indikasi berakhir. Dunia pendidikan sebagai sektor yang paling terdampak pandemi ini mengalami beberapa masalah, salah satunya pemahaman siswa terhadap informasi-informasi terkait kesehatan dan cara penanggulangan bahaya yang disebabkan oleh virus tersebut. Pembelajaran dari rumah (daring) maupun tatap muka memberi peluang bagi peserta didik untuk meningkatkan pemahaman literasi kesehatan. Tulisan ini bertujuan untuk menginvestigasi tentang peluang pembelajaran literasi kesehatan disekolah dasar sebagai upaya mitigasi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Peneliti mengumpulkan informasi-informasi literasi kesehatan melalui jurnal ilmiah terakreditasi dan bereputasi, peraturan-peraturan, serta buku teks. Sumber data tersebut dianalisis secara kritis untuk mendapatkan informasi komprehensif mengenai peluang pembelajaran litearsi kesehatan dalam mitigasi covid-19 pada peserta didik sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran literasi kesehatan perlu dilakukan dan ditingkatkkan dalam pembelajaran baik daring maupun tatap muka dalam mengurangi bahaya covid-19. Model pembelajaran yang dapat diterapkan dengan mengadopsi serta mensistesis gerakan literasi sekolah yang digalakkan pemerintah melalui tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran dalam konteks literasi kesehatan.
Copyright (c) 2022 Zakaria Somad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.