Kesejahteraan Spiritual dan Dampaknya terhadap Profesionalitas Guru di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Tulisan ini bertujuan mengetahui dampak kesejahteraan spiritual terhadap profesionalitas guru. Situasi pandemi covid-19 sekarang ini secara langsung mempengaruhi dunia pendidikan. Bukan hanya terhadap sistem pengajaran yang harus disesuaikan (dari tatap muka menjadi pembelajaran daring) atau pola relasi guru dan siswa, tapi juga terhadap profesionalitas guru. Banyak ditemukan, guru yang tidak siap dengan perubahan-perubahan tersebut mengalami tekanan emosi, psikis, dan spiritual. Akibatnya, hal tersebut mempengaruhi kualitas pembelajaran yang dilakukannya. Jenis penelitian ini adalah library research, dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Hasil pembahasan menyimpulkan bahwa guru yang memiliki kesejahteraan spiritual akan memiliki mindset positif terkait tugas keguruan dan kejadian pandemi covid-19. Dalam situasi pandemi Covid-19, kesejahteraan spiritual menuntun guru untuk tetap menjalankan pembelajaran dengan penuh semangat dan tanggungjawab, bahkan mampu menjadikannya sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri dan pembelajaran yang dilakukannya. Dalam interaksinya dengan siswa, kesejahteraan spiritualitas menuntun guru untuk tetap menjaga kualitas hubungan dan perlakuannya terhadap siswa.
Copyright (c) 2022 STAI Binamadani Tangerang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.