MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar unsur-unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Linggabuana. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Linggabuana selama 3 bulan dengan metode penelitian survey diskriptif. Responden penelitian Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Linggabuana sebanyak 25 Siswa, dipilih berdasarkan teknik sampel acak sederhana simple random sampling). Instrumen menggunakan kuesioner untuk uji kemampuan memahami unsur-unsur intrinsik cerpen, sedangkan instrumen pengamatan kinerja pembelajaran menggunakan angket. Pelaksanaan tindakan pada tiap siklus berupa pembelajaran memahami unsur intrinsik cerpen melalui model pembelajaran Jigsaw dengan pengamatan kinerja siswa, pengamatan kinerja guru dan memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran model Jigsaw. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya dan khususnya dalam memahami unsur-unsur intrinsik cerpen. Saran peneliti adalah agar para guru terus berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan beragam model pembelajaran yang variatif.