MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN

  • Hetti Nurbaety
Keywords: Model jigsaw, Hasil belajar, Unsur instrinsik cerpen

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar  unsur-unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas XI TKJ  SMK Negeri 3 Linggabuana. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Linggabuana selama 3 bulan dengan metode penelitian survey diskriptif.  Responden penelitian Siswa Kelas XI TKJ   SMK Negeri 3 Linggabuana sebanyak 25  Siswa, dipilih berdasarkan teknik sampel acak sederhana simple random sampling). Instrumen menggunakan kuesioner untuk uji kemampuan memahami unsur-unsur intrinsik cerpen, sedangkan instrumen pengamatan kinerja pembelajaran menggunakan angket. Pelaksanaan tindakan pada tiap siklus berupa pembelajaran memahami unsur intrinsik cerpen  melalui model pembelajaran Jigsaw dengan pengamatan kinerja siswa, pengamatan kinerja guru dan memotivasi siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran model Jigsaw. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia pada umumnya dan khususnya dalam memahami unsur-unsur intrinsik  cerpen. Saran peneliti adalah  agar para guru terus berupaya meningkatkan  kualitas pembelajaran dengan  menggunakan beragam model pembelajaran yang variatif.

Published
2021-08-23
How to Cite
Nurbaety, H. (2021). MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 154 - 172. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/282