PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAP DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MIN 15 JAKARTA SELATAN
Abstract
Penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian tentang pengaruh metode pembelajaran mind map (X1) dan minat belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) pada mata pelajaran SKI di MIN 15 Jakarta Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan dari variabel independen (Metode Pembelajaran Mind Map dan Minat Belajar) terhadap variabel dependen (Hasil Belajar). Pada hasil Uji parsial (Uji t) pertama yakni metode pembelajaran mind map (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai thitung sebesar 2,160 dengan nilai signifikansi sebesar 0,032. Yang mana thitung > ttabel (2,160 > 1,976) dan nilai signifikansi < tingkat signifikan (0,032 < 0,05). Hasil Uji t selanjutnya yakni minat belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) diperoleh nilai thitung sebesar 2,132 dengan signifikansi sebesar 0,035. Yang mana nilai thitung > ttabel (2,132 > 1,976) dan nilai signifikansi < tingkat signifikan (0,035 < 0,05). Serta secara simultan X1 dan X2 memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Y dengan hasil Uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 11,363 dan nilai Prob (F-Statistic) sebesar 0,000. Karena nilai Fhitung > Ftabel (11,363 > 3,058) dan nilai signifikansi < tingkat signifikan (0,000 < 0,05).