ESENSI THE ABSORBENT MIND PADA PENDIDIKAN ANAK

  • utami maulida STAI Binamadani
Keywords: Anak usia dini, Metode Montessori, The absorbent mind

Abstract

Tulisan ini membahas pendidikan anak dalam konsep the absorbent mind metode Montessori yang dilahirkan oleh Maria Montessori. Diketahui the absorbent mind anak memiliki daya tangkap  informasi yang tinggi di lingkungannya. Sama halnya seperti metode yang lain, metode ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan pada konsep montesori sendiri menuntut kebebasan pada anak untuk tumbuh kembang sesuai kecepatannya, metode cenderung tidak memaksakan anak berbuat sesuatu yang disamakan dengan anak yang lainnya dapat dikatakan kompetensi anak tidak dapat dijadikan perbandingan. Anak tidak dipaksakan menulis dan membaca sebelum waktunya. Terlebih dalam poin the absorbent mind bahwa anak pada masa tersebut dianugerahi psikis yang khusus dan dalam masa inilah orang tua menanamkan pendidikan yang berbeda dari biasanya Kekurangan dalam metode ini adalah tidak dapat diaplikasikan pemberian reward and punishment karena baginya pendidikan itu terbebas dari persaingan sehingga kesuksesan anak tidak dapat dinilai dari sudut pandang orang tua atau orang dewasa.

Published
2021-08-23
How to Cite
maulida, utami. (2021). ESENSI THE ABSORBENT MIND PADA PENDIDIKAN ANAK. Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 108 - 119. https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i2.278