STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH BERBASIS PESANTREN
Abstract
Pendidikan bermutu merupakan bentuk pertanggungjawaban para pengelola lembaga pendidikan kepada para user dan stakeholdernya. Pada sekolah berbasis pesantren peningkatan mutu dilakukan dengan penerapan manajemen strategis dengan kiai sebagai sosok sentral yang menjamin peningkatan mutu dapat berlangsung dengan optimal. Keunggulan sekolah berbasis pesantren dapat menjadi kekuatan yang tidak dimiliki oleh lembaga pendidikan lainnya, jika mampu mengelolanya dengan baik. Sekolah dalam lingkungan pesantren, proses pendidikan tidak hanya di dalam kelas secara formal saja, pendidikan dan pembinaan dilakukan di lingkungan pesantren sehingga capaian prestasi akademik dan non akademik santri bisa lebih optimal dengan tetap menjaga tradisi keilmuan Islamiyah. Begitu juga, tuntutan dalam memenuhi standar nasional pendidikan yang ada sebagai bagian dari pemenuhan standar mutu yang terus dilakukan kalangan pesantren. Artikel ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengetahui strategi yang dilakukan kalangan pesantren dalam meningkatkan mutu sekolah di lingkungannya.