KECAKAPAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR MASA PANDEMI COVID-19

  • Zakaria Zakaria STAI Binamadani
Keywords: Kecakapan abad 21, Pendidikan dasar, Pandemi covid-19

Abstract

Coronavirus Disease (Covid-19) yang melanda diberbagai penjuru negara membawa dampak yang signifikan, terutama dalam dunia pendidikan. Penerapan pembelajaran secara daring yang berjalan selama satu setengah tahun telah merubah aktivitas guru dan siswa dalam penbelajaran, seperti media, metode, serta penilaian dan evaluasi mulai pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Salah satu pembelajaran yang diterapkan meski masa pandemi yaitu kecakapan abad 21 bagi jenjang SD/MI. Tulisan ini bertujuan menganalisis penerapan pembelajaran kecakapan abad 21 yang meliputi keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (criticial thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), dan berkolaborasi (collaboration) atau yang dikenal dengan 4C masa pandemi covid-19 pada jenjang SD/MI.

Published
2021-08-23
How to Cite
Zakaria, Z. (2021). KECAKAPAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR MASA PANDEMI COVID-19. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 81 - 90. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/276