PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI DI MI NURUSSALAM TANGERANG)

  • Ashabul Kahfi STAI Binamadani
Keywords: Hasil Belajar PKn, CTL, Pembelajaran, Siswa, Guru

Abstract

Tulisan ini membahas tentang penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tulisan ini dilatarbelakangi dari rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV MI Nurussalam Kota Tangerang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Nurussalam Kota Tangerang Tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 9 orang siswa, penelitian dilaksanakan dalam bentuk siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi objek penelitian ini dengan metode Contextual Teaching and Learning.

Published
2020-02-04
How to Cite
Kahfi, A. (2020). PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (STUDI DI MI NURUSSALAM TANGERANG). Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 3(3), 1-19. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/146