Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey pada kelas VII SMP Swasta di Kota Tangerang)

  • Siti Murtiningsih STAI Binamadani
Keywords: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Swasta di Kota Tangerang . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian survei korelasional. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Path Analysis. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa : 1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Matematika siswa SMP Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 5,948 > ttabel = 1,989, 2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 6,975 > ttabel = 1,989, 3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMP Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 3,022 > ttabel = 1,989, 4) terdapat pengaruh  tidak langsung yang tidak signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Matematika melalui motivasi belajar siswa SMP Swasta di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung = 1,811 < ttabel = 1,989. Implikasi penelitian: 1) Secara praktis penelitian ini dapat memberikan sumbangan yang positif bagi perbaikan  pengajaran mata pelajaran Matematika yaitu melalui prestasi belajar matematika melalui perhatian orang tua dan motivasi belajar. 2) Secara teoritis berguna untuk 77 pengembangan metodologi pembelajaran Matematika di tingkat sekolah menengah pertama pada khususnya dan ditingkat lain pada umumnya, 3) Sumber referensi mengenai pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika.
Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar , Prestasi Belajar Matematika

Published
2019-08-05
How to Cite
Murtiningsih, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey pada kelas VII SMP Swasta di Kota Tangerang). Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 76-85. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/104