https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/issue/feed Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 2025-02-11T04:21:37+00:00 Dr. M. Zaenal Arifin, M.A. mzaenalarifin@stai-binamadani.ac.id Open Journal Systems <p>Tarbawi: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Binamadani, Tangerang. Bidang kajian jurnal ini meliputi komponen-komponen pendidikan Islam, seperti: kurikulum, model atau metode pembelajaran, manajemen dan sistem pendidikan Islam, psikologi pendidikan Islam, dan lainnya. Juga tentang konsep dan pemikiran tokoh pendidikan Islam, pemikiran pendidikan Islam kontemporer, dan semacamnya.</p> https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/719 PENDEKATAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN KESEIMBANGAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL GENERASI Z 2025-02-11T04:21:36+00:00 Muhammad Andryan Fitryansyah muhammadandryanf12@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan Islam dalam membangun keseimbangan emosional dan spiritual pada Generasi Z yang menghadapi tantangan perubahan sosial yang pesat. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka dengan analisis isi, yang menggabungkan literatur terkait pendidikan Islam kontemporer, psikologi perkembangan, dan isu-isu unik Generasi Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pendidikan Islam yang mengintegrasikan nilai-nilai Islami dengan metode pembelajaran modern dapat secara efektif meningkatkan kecerdasan emosional, pertumbuhan spiritual, dan daya lenting generasi muda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan Islam, jika diterapkan dengan inovasi pedagogis yang relevan, dapat memenuhi kebutuhan emosional dan spiritual Generasi Z untuk mendukung mereka menghadapi kompleksitas kehidupan modern.</p> 2025-02-11T03:37:08+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/707 MENGATASI KESULITAN MENYAMPAIKAN GAGASAN DI KELAS DENGAN METODE DISKUSI KOLABORATIF PADA SISWA SMA IT DAARUL IJABAH JAMBE KABUPAEN TANGERANG 2025-02-11T04:21:36+00:00 Ashabul Kahfi kahfiashabul6123@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan dalam menyampaikan gagasan di kelas dengan menerapkan metode diskusi kolaboratif pada siswa SMA IT Daarul Ijabah Jambe, Kabupaten Tangerang. Kesulitan dalam menyampaikan gagasan merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam mengembangkan kemampuan berbicara dan berpikir kritis. Metode diskusi kolaboratif dipilih karena mampu mendorong siswa untuk berinteraksi aktif, berbagi pendapat, serta membangun pemahaman bersama dalam suatu topik tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan <strong>kualitatif</strong> dengan jenis <strong>penelitian deskriptif</strong>. Penelitian deskriptif bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam penerapan metode <strong>diskusi kolaboratif</strong> dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menyampaikan gagasan di kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X dan XI yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan gagasan secara verbal. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyampaikan gagasan secara jelas dan terstruktur. Selain itu, metode ini juga berkontribusi pada peningkatan partisipasi aktif siswa selama pembelajaran dan meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam berbicara di depan umum. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kolaboratif efektif dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menyampaikan gagasan di kelas, serta dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan komunikasi siswa.</p> 2025-02-11T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/723 PENGARUH PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN KEBUTUHAN BELAJAR SISWA DI MTS AL IHSAN JAKARTA 2025-02-11T04:21:36+00:00 Dodi Kristanto dodi.krist4nto@gmail.com Kasmudi Kasmudi kasmudi84@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penerapan pendekatan Differentiated Instruction (DI) terhadap pemenuhan kebutuhan belajar siswa di MTs Al Ihsan Jakarta. Dengan menggunakan metode eksperimen semu, penelitian ini membandingkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerapkan DI dan kelompok kontrol yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test untuk menilai perubahan dalam pemenuhan kebutuhan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah penerapan DI, dengan nilai t-hitung post-test (6,345) yang lebih tinggi dibandingkan t-tabel (2,018). Hal ini mengindikasikan bahwa DI memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini menegaskan bahwa DI dapat meningkatkan pemahaman siswa serta memenuhi kebutuhan belajar mereka, sekaligus menjadi kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih inklusif di lingkungan sekolah.</p> 2025-02-11T03:55:44+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/710 NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PAI DAN BUDI PEKERTI DI TINGKAT SMP 2025-02-11T04:21:37+00:00 Amanda Raihan amandaraihan851@gmail.com <p>Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan relevansinya dengan materi PAI dan Budi Pekerti di tingkat SMP. Hal ini dilatar-belakangi karena dunia pendidikan sedang dihadapkan pada perilaku peserta didik yang mengabaikan etika dan moral. Jenis penelitian ini adalah kualitatif kepustakaan (<em>Library Research</em>). Adapun pendeketan yang digunakan dalam pembahasannya adalah deskriptif dan analisis isi (<em>Content Analysis</em>). Sumber data primer yang digunakan adalah novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Sebagai data pendukung yaitu buku pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas 7-9 SMP yang diterbitkan oleh CV Arya Duta dan jurnal yang relevan dengan tema yang dibahas. Selanjutnya, data-data tersebut dibahas secara sistematis dan dianalisis sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan penelitian. Dalam penelitian ini ditemukan adanya nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Bumi Cinta yaitu nilai pendidikan akhlak terhadap Allah Swt yang meliputi beriman, beribadah, ikhlas, bersyukur, bertaubat, berdzikir, dan tawakal. Serta nilai pendidikan akhlak terhadap sesama manusia yang meliputi jujur, menepati janji, rendah hati, tolong menolong, toleransi, sopan santun, dan berbaik sangka. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah novel Bumi Cinta dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran tambahan dalam materi PAI dan Budi Pekerti di SMP karena mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak yang berdasarkan tujuan mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, yaitu bertujuan untuk membentuk peserta didik menjadi individu yang memahami prinsip-prinsip agama Islam.</p> 2025-02-11T04:02:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/722 MAQASHID AL-QURAN DAN MAQASHID SYARIAH SEBAGAI BASIS PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA 2025-02-11T04:21:37+00:00 Ari Hardianto arihardianto@stitalamin.ac.id Badrus Samsul Fata badrusfata@gmail.com <p>Penelitian ini mengeksplorasi konsep <em>maqashid Al-Qur'an</em> dan <em>maqashid syariah</em> sebagai pendekatan filosofis dan operasional dalam sistem pendidikan di Indonesia. <em>Maqashid Al-Qur'an</em> mengacu pada tujuan utama wahyu Al-Qur'an dalam membimbing manusia menuju kehidupan yang sejahtera di dunia dan akhirat, sedangkan <em>maqashid syariah</em> menekankan perlindungan lima aspek utama kehidupan: agama (hifz al-din), jiwa (hifz al-nafs), akal (hifz al-'aql), keturunan (hifz al-nasl), dan harta (hifz al-mal). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data dari berbagai sumber primer, seperti ayat-ayat Al-Qur'an yang relevan, serta sumber sekunder berupa jurnal, buku, dan dokumen pendidikan di Indonesia. Hasil dari penelitian ini mengkaji relevansi kedua konsep tersebut dalam konteks pendidikan modern di Indonesia, dengan menyoroti bagaimana mereka dapat memengaruhi kurikulum, metodologi pengajaran, dan tujuan pendidikan nasional. Hasilnya adalah penerapan <em>maqashid Al-Qur'an</em> dan <em>maqashid syariah</em> sebagai basis paradigma pendidikan di Indonesia menawarkan solusi untuk menciptakan sistem pendidikan yang holistik dan relevan.</p> <p>&nbsp;</p> 2025-02-11T04:09:52+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/708 PENERAPAN ADDIE DALAM PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PAI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA 2025-02-11T04:21:37+00:00 Yudhi Fachrudin yudhicendekia@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model ADDIE dalam pengembangan multimedia pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan aplikasi Canva. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi pengembangan. Setiap tahap ADDIE, mulai dari analisis kebutuhan hingga evaluasi, diterapkan secara sistematis untuk menghasilkan media yang interaktif, relevan, dan mudah diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva memungkinkan integrasi elemen visual, audio, dan animasi yang menarik, sehingga meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI. Uji coba media pada siswa dan guru menunjukkan respons positif terkait estetika, kemudahan penggunaan, dan efektivitas pembelajaran. Kesimpulannya, penerapan ADDIE dalam pengembangan media berbasis Canva terbukti mendukung inovasi pembelajaran PAI yang efektif, interaktif, dan menarik.</p> 2025-02-11T04:19:17+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/739 TANTANGAN DAN TUGAS KONTEMPORER ORGANISASI: PENTINGNYA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENYIKAPI PERUBAHAN SOSIAL DAN TEKNOLOGI 2025-02-11T04:21:37+00:00 Rizal Renaldi rizalrenaldi@mhs.ptiq.ac.id <p>Tulisan ini bertujuan mengekplorasi tantangan dan tugas yang harus diambil organisasi pendidikan dalam konteks perubahan sosial dan teknologi. Perkembangan sosial dan teknologi yang pesat telah menghadirkan tantangan besar bagi dunia pendidikan, termasuk dalam konteks pendidikan Islam. Pengembangan kurikulum pendidikan Islam menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa pendidikan tidak hanya mencakup aspek akademis, tetapi juga memperhatikan perubahan sosial dan perkembangan teknologi. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Data-data primer dan sekunder bersumber dari buku, artikel jurnal, dan lainnya. Data-data yang terkumpul selanjutnya dianalisa dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tulisan ini menemukan bahwa kurikulum pendidikan Islam harus mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Tantangan yang dihadapi adalah krisis nilai-nilai moral yang dihadapi oleh generasi muda, perubahan metode pengajaran, kesiapan lembaga pendidikan Islam dalam merespons perubahan sosial dan teknologi, dan kesiapan tenaga pendidik dalam mengadaptasi perubahan. Penelitian ini menyimpullkan bahwa pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang adaptif dan relevan menjadi kunci untuk mencetak generasi yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga mampu menghadapi tantangan sosial dan teknologi. Dengan kurikulum yang tepat, pendidikan Islam dapat terus memainkan peran penting dalam membentuk individu yang unggul, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan zaman.</p> 2025-02-11T04:14:22+00:00 ##submission.copyrightStatement##