PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MI LANTABURO CIPONDOH TANGERANG

  • Dini Safira Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Siti Murtinigsih Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Istianah Istianah Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Alat Peraga Papan Perkalian, MI Lantaburo

Abstract

Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan alat peraga papan perkalian terhadap hasil belajar matematika pada siswa di MI Lantaburo Cipondoh Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan perbedaan kelas dari penggunaan alat peraga dengan hasil belajar pada siswa. Metode penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen. Dalam penelitian ini melibatkan kedua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan alat peraga papan perkalian, dan terdapat kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara penggunaan alat peraga papan perkalian dengan hasil belajar matematika siswa pada kelas III di MI Lantaburo Cipondoh Kota Tangerang, hasil penelitian ini ditunjukkan oleh hasil uji-t posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t yang dilakukan dengan bantuan SPSS for Windows 26, diperoleh thitung > ttabel (8,488 > 1,682), demikian juga dengan nilai Sig. < ɑ (0,000 < 0,05), Maka berpengaruh pada alat peraga papan perkalian dapat dilihat nilai Rquare nya 82,1% dan sisa nya dipengaruhi oleh faktor lain, 1,76%. hal ini berarti menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa.

Published
2024-08-05
How to Cite
Safira, D., Murtinigsih, S., & Istianah, I. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI MI LANTABURO CIPONDOH TANGERANG. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 140-147. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i2.676
Section
Articles