KONSEP PENDIDIKAN PADA MASA DINASTI ABBASIYAH DAN RELEVANSINYA DI ERA DIGITAL

  • Muhammad Rizky Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Dinasti Abbasiyah, Era Digital, Lembaga Pendidikan, Metode Pengajaran

Abstract

Fokus tulisan ini adalah membahas tentang seluk beluk pendidikan yang dilakukan pada masa dinasti Abbasiyah, meliputi lembaga pendidikan Islam, tingkatan pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam, dan metode pengajaran yang dilakukan, serta relevansinya di era digital. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan kepustakaan (Library Research). Tulisan ini memberikan kesimpulan sistem pendidikan Islam di masa Dinasti Abbasiyah mengalami perkembangan yang pesat karena pendidikan menjadi fokus perhatian para khalifah. Dilihat dari segi lembaga pendidikan Islam yang digunakan sebagai tempat pendidikan seperti kuttab, masjid, perpustakaan, madrasah. Tingkat pendidikan Islam yang dilaksanakan dibagi menjadi 3 tingkatan, yakni rendah, menengah, dan tinggi. Adapun pendidikan Islam dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan keagamaan dan akhlak, kemasyarakatan, cinta terhadap ilmu pengetahuan, dan meraih kesuksesan hidup. Sementara metode pengajaran yang digunakan pada masa iitu yaitu metode dikte, ceramah, diskusi, hafalan, dan praktik. Sistem pendidikan Islam di masa Dinasti Abbasiyah tersebut memiliki relevansi dengan sistem pendidikan Islam di masa sekarang, baik dari segi kelembagaan, pembagian tingkat pendidikan, tujuan pendidikan, dan metode yang digunakan.

Published
2024-08-05
How to Cite
Rizky, M. (2024). KONSEP PENDIDIKAN PADA MASA DINASTI ABBASIYAH DAN RELEVANSINYA DI ERA DIGITAL. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 131-139. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i2.644
Section
Articles