MODERNISASI PENDIDIKAN DALAM ISLAM: TELAAH MODEL PENDIDIKAN MODERN MASA TURKI UTSMANI

  • Achmad Saeful Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Ferdinal Lafendry Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
Keywords: Dikotomi, Islam, Modernisasi, Pendidikan, Turki Ustmani

Abstract

Tulisan ini menelaah modernisasi pendidikan dalam Islam, di mana kajiannya merujuk pada model pendidikan modern yang digagas di masa Turki Utsmani. Turki Utsmani sendiri merupakan salah satu kesultanan terbesar dalam catatan sejarah Islam. Tulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis kepustakaan dan pendekatan yang digunakan adalah filosofis dan historis. Tulisan ini menemukan bahwa modernisasi Pendidikan Islam pada masa Turki Utsmani dimulai dengan merubah model pendidikan yang tidak dikotomis atau memisahkan antara ilmu umum dan ilmu agama. Dalam pendidikan upaya ini dilakukan dengan memberikan pembelajaran pada seluruh aspek ilmu pengetahuan, ilmu umum maupun ilmu agama. Tulisan ini pun menyimpulkan tokoh utama dalam upaya melakukan modernisasi pendidikan di Turki Utsmani adalah Sultan Mahmud II.

 

Published
2024-02-10
How to Cite
Saeful, A., & Lafendry, F. (2024). MODERNISASI PENDIDIKAN DALAM ISLAM: TELAAH MODEL PENDIDIKAN MODERN MASA TURKI UTSMANI. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 57-68. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i1.603
Section
Articles