PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL-HIDAYAH TANGERANG SELATAN

  • Siti Murtiningsih Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Selvi Septiana Anggraini Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Dina Amalia Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran IPA

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT)  terhadap hasil belajar IPA  yang belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA di MI Al-Hidayah Tangerang Selatan. Berdasarkan analisis data yang telah diuraikan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Ini dibenarkan dengan perolehan hasil yang didapat nilai thitung > ttabel (4.774 > 0.279) demikian juga dengan nilai sig < α ( 0,000 < 0,05). Hasil tersebut menunjukan terbuktinya hipotesis, yaitu terdapat pengaruh terhadap hasil belajar belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas V MI Al-Hidayah Tangerang Selatan.

Published
2024-02-10
How to Cite
Murtiningsih, S., Anggraini, S., & Amalia, D. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AL-HIDAYAH TANGERANG SELATAN. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1 Februari), 47-56. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i1 Februari.600