KONSEP KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF CAK NUN: STUDI ANALISIS ISI VIDEO
Abstract
Tujuan penelitian ini menganalisis pandangan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) tentang kurikulum. Pembahasannya berkenaan konsep dasar, orientasi dan muatan kurikulum pendidikan Islam berdasarkan surah Al-Fatihah ayat 5, 6, dan 7 sebagaimana disampaikan dalam isi video Cak Nun. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Tepatnya analisis isi video Cak Nun berkenaan kurikulum dijadikan sebagai sumber primer penelitian ini. Hal ini dilakukan untuk memahami pemikiran kritis Cak Nun tentang kurikulum dan menggali tawaran alternatif orientasi dan muatan kurikulum pendidikan Islam yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian tentang konsep kurikulum pendidikan Islam dalam persfektif Cak Nun, landasan filosofis normatif berdasarkan surah Al-Fatihah ayat 5, 6, dan 7. Konsep kurikulum pendidikan merupakan kurikulum hidupnya manusia, orientasi dan muatan kurikulum pendidikan Islam mencakup lima aspek, pertama, iman kepada Allah Swt dengan menjalin hubungan baik kepada-Nya, kedua, menjaga hubungan baik dengan manusia dan alam, ketiga, menggali potensi bakat dan keunggulan setiap peserta didik, keempat, menguasai bahasa, kelima, memiliki mental kerja keras untuk memperbaiki diri, keluarga dan masyarakat.