TEORI PENDIDIKAN TUNTAS MASTERY LEARNING BENYAMIN S BLOOM

  • Ferdinal Lafendry STAI Binamadani
Keywords: Mastery learning, Bloom Taxonomi, Kognitif, Afektif dan Psikomotorik

Abstract

Tulisan ini menganalisis tentang penggunaan bloom taxonomi dalam proses pemblajaran. Data penelitian dilakukan melalui pendekatan deskriptif analistis serta referensi yang terkait. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman dan penguasaan peenggunaan hirarki yang dikemukakan oleh Benyamin S Bloom. Dengan menggunakan metode deskriptif analisis.Taksonomi Bloommerupakan struktur hierarki yang mengidentifikasikan skills mulai dari tingkat terendah hingga tertinggi. Taxonomi Bloom menjadi referensi sebagai seperangkat klasifikasi standar,memberikan panduan kepada guru dalam memahami tingkatan hirarki tersebut dan cara menggunakannya dalam pengajaran. Sehingga guru dapat memastikan kompetensi dasar  dan indikator hasil belajar yang akan dicapai apakah capaian pembelajaran hanya sampai low order thinking skill mengetahui, memahahami atau sampai mampu mempraktekan dan mampu menaplikasikannya bahkan sampai ke indikator high order thinking skill  . Hal ini dimaksudkan untuk mengklasifikasikan tujuan-tujuan dari sistem pendidikan kita.

Published
2023-02-08
How to Cite
Lafendry, F. (2023). TEORI PENDIDIKAN TUNTAS MASTERY LEARNING BENYAMIN S BLOOM. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v6i1.459
Section
Articles