PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP ICT

  • Siska Oktavera Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Achmad Saiful STAI Binamadani
  • Tsaltsah Mawaddah STAI Binamadani
Keywords: Pendidikan, Pendidik, Peserta Didik, ICT

Abstract

Tulisan ini membahas tentang Pendidikan dan relevansinya terhadap ICT (Information Comunication and Technology). Pada tulisan ini ditemukan bahwa ICT merupakan salah satu komponen penting dalam dunia Pendidikan, termasuk dalam Pendidikan Islam. Penggunaan ICT dalam dapat melahirkan cara pandang baru dalam pembelajaran, dari abai terhadap penggunaan teknologi menjadi peduli dalam penggunaannya, dari menitikberatkan pada pembelajaran offline menjadi terbuka dalam melakukan pembelajaran online. Tulisan ini pun menegaskan, penggunaan ICT di lembaga Pendidikan tidaklah tanpa celah, karena sampai saat ini pun masih banyak ditemukan ketidakmampuan dari pendidik dan peserta didik dalam penggunaannya. Adapun celah tersebut antara lain adalah; 1) Guru tidak memiliki keinginan serius untuk mempelajari ICT, dan menganggapnya sebagai sesuatu yang bersifat asing; 2) Dukungan pemerintah berkaitan dengan penyedian ICT pada lembaga Pendidikan masih belum merata, sehingga kemampun guru dalam penggunaannya pun menjadi tidak merata; 3) Adanya kecenderungan untuk bertahan pada pola pembelajaran lama yang lebih menitikberatkan pada metode ceramah daripada menggunakan ICT; 4) Kurangnya pemahaman penyelenggara sekolah, pendidik dan peserta didik tentang pentingnya ICT dalam pembelajaran.

Published
2023-02-08
How to Cite
Oktavera, S., Saiful, A., & Mawaddah, T. (2023). PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP ICT. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(1), 13-22. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v6i1.450
Section
Articles