IMPLIKASI ASESMEN NASIONAL TERHADAP PENGAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan penilaian pendidikan dengan asesmen nasional sebagai program Pemerintah untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah di Indonesia dan untuk mengetahui implikasinya terhadap pengajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data didapat dari literatur kepustakaan yang penyajiannya menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesemen nasional berimplikasi terhadap kebutuhan terhadap fokus pengajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah yang lebih mempertajam keterkaitan teks utama ajaran Islam, al-Qur’an dan Hadist, terhadap kontekstual lapangannya. Seperti halnya kemampuan numerasi (matematika) yang dibutukan dalam menyelesaikan kasus waris dalam kajian ilmu fikih. Terlebih lagi perihal kemampuan literasi yang sangat penting dalam memahami teks dengan benar. Implikasi lain dari asesmen nasional bagi pengajaran materi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan budi pekerti adalah bagaimana pengajaran dapat lebih fokus pada penguatan pendidikan karakter manusia yang berjiwa Pancasila.