IMPLEMENTASI ICT DALAM PEMBELAJARAN

  • Ferdinal Lafendry stai binamadani
Keywords: ICT, integrasi ICT, aktivitas pembelajaran

Abstract

Information and Communication Technology (ICT) memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Di Indonesia, ICT lebih dikenal dengan istilah TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). TIK dalam dunia Pendidikan, meniscayakan seorang guru untuk memiliki kemampuan mengeintegrasikan, menyusun dan menerapkan pembelajaran berbasis TIK. 

Tujuannya adalah agar proses belajar mengajar semakin menarik, mudah, dan menyenangkan. Siswa akan semakin bersemangat mengikuti pelajaran yang disampaikan di kelas. Kesadaran akan pentingnya memahami dan menguasai teknologi sudah saatnya dimiliki oleh setiap guru, sebab penguasaan ICT merupakan kompetensi yang haruas dimiliki guru yang handal dan professional. Perkembangan dan penerapan TIK juga bermanfaat peningkatan kualitas pendidikan nasional Indonesia. Dukungan teknologi dalam dunia Pendidikan tampak misalnya pada mulai bermunculan penggunaan e-book, e-learning, e-laboratory, e-library. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.

Pada prinsipnya Guru harus memiliki kompetensi dan mampu untuk menggabungkan penggunaan teknologi dengan instruksional yang strategis secara efektif. 

Published
2022-02-14
How to Cite
Lafendry, F. (2022). IMPLEMENTASI ICT DALAM PEMBELAJARAN. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(1), 37-49. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/316