KETERPADUAN ANTARA SPIRIT DAN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Manusia dilihat dari struktur lahir maupun batinnya dianugrahi pancaindra, akal pikiran, dan hati sanubari. Baik ia sebagai an-Nas/ Insan, Basyar maupun Anak Adam ia memiliki struktur batin yang sekaligus sebagai potensi yang dimilikinya yakni kefitriannya, ruh, nafs dan ‘aql. Penelitian ini bertujuan menyingkap spirit Pendidikan dalam Islam yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW dan ummat Islam pada generasi awal dan kemudian dipadukan dengan kurikulum Pendidikan yang semestinya. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Liberary research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif-analitis. Proses dalam menafsirkan dan menganalisa data, penelitian ini menggunakan tehnik deduksi dan induksi serta discourse Analisys.Mencermati spirit pendidikan yang telah dibangun dan dikembangkan oleh Nabi Muhammad SAW dan ummat Islam pada generasi salaf, maka penelitian ini menemukan bahwa orientasi pendidikan dalam Islam adalah holistik; menggabungkan aspek ruhaniyyah jasmaniyyah, ukhrawi dan duniawi. Arah tujuannya adalah pembentukan dan pengembangan karakter yang tidak hanya kecerdasan pikir saja tetapi juga dzikir, tidak hanya cerdas namun berkarakter, kuat, trampil, peduli dan kerjasama.