DAARUL ARQAM DAN MANAZILUL ULAMA’; SEBUAH ROLE MODEL PENDIDIKAN ISLAMIC HOME SCHOOLING DAN SEKOLAH ALAM DI INDONESIA

  • Ahmad Suja'i STAI Binamadani
  • Saiful Bahri STAI Binamadani
Keywords: Baitul arqam, Home schooling, Sekolah alam

Abstract

Konsep dan istilah pendidikan Home Schooling dan Sekolah Alam di Indonesia baru muncul dalam beberapa tahun ini dan telah mengalami perkembangan yang signifikan di beberapa Daerah. Bahkan di kemudian hari telah menjadi alternative dalam system pendidikan Nasional. Sejatinya model system pendidikan seperti ini sudah ada sejak masa awal kenabian, periode sahabat, periode tabiin dan periode tabii tabiin. Saat itu, sytem pendidikan disebut dengan istilah pendidian Daarul Arqam dan Manazilul Ulama. Dalam praktiknya, pada system Daarul Arqam dan Manzilul Ulama’, peserta didiklah yang mendatangi rumah-rumah para pendidik dan dalam proses transformasi ilmu pengetahuan di kemas dengan natural tanpa terikat dengan peraturan-peraturan sebagaimana dalam system pendidikan formal. Maka sangatlah tepat jika system pendidikan Daarul Arqam dan Manazilul Ulama’ digunakan sebagai Role Model Pendidikan Home Schooling dan Sekolah Alam.

Published
2021-08-21
How to Cite
Suja’i, A., & Bahri, S. (2021). DAARUL ARQAM DAN MANAZILUL ULAMA’; SEBUAH ROLE MODEL PENDIDIKAN ISLAMIC HOME SCHOOLING DAN SEKOLAH ALAM DI INDONESIA. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 4(2), 182 -197. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v4i2.261