PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DI SMA NEGERI 1 BUNGURSARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif (Tipe STAD dan CIRC) dan gaya belajar (field independen (FID) dan field dependen (FD)) terhadap kemampuan menulis karya ilmiah siswa di SMA Negeri 1 Bungursari, Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2 x 2. Pengukuran variabel kemampuan menulis karya ilmiah menggunakan tes tulis dan gaya belajar menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis variansi (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji tuckey untuk melihat interaksi kelompok. Sebebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data menggunakan uji Liliefors dan pengujian homogenitas varians menggunakan uji kesamaan dua varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan menulis karya tulis ilmiah siswa. Hal ini berdasarkan perhitungan analisis varians dua jalur antar kolom Fhitung = 139,52 > Ftabel 3,22 pada taraf nyata α = 0,05 dan 5,39 pada taraf nyata α = 0,01.