Hakikat Pendidikan Akhlak Dalam Dunia Islam dan Barat

  • Fuad Masykur
Keywords: Akhlak, Etika, Moral, Kebaikan, Kebahagiaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menelaah persoalan pendidikan akhlak merupakan salah satu fundamental dalam kehidupan umat manusia. Kajian keilmuan bermuara pada etika (akhlak) untuk kebahagiaan sekarang maupun masa yang akan datang. Barometer yang  digunakan juga berbeda dikarenakan adanya perubahan ruang dan waktu.

Terdapat tiga tema pokok yang dijadikan inti kajian. Yakni tentang الخير  (kebaikan),   السعادة  (kebahagiaan) dan الفاضيلة (keutamaan). termasuk jujur, ikhlas, kasih sayang, hemat dan sebagainya merupakan cabang dari induk akhlak. Manusia dapat menemukan jalan kebahagiaan dengan kesadaran pribadinya sendiri atau dengan prestasi akalnya sendiri. Sebab menurut mereka bahwa akal merupakan satu-satunya cahaya petunjuk jalan. Dalam diskursus pendidikan akhlak adalah mensinergiskan antara pendekatan filosofis dan pendekatan keagamaan.

 

Published
2020-08-28
How to Cite
Masykur, F. (2020). Hakikat Pendidikan Akhlak Dalam Dunia Islam dan Barat. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 3(2), 169-187. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/186
Section
Articles