Model Komunikasi Spiritual Terapeutik Dalam Pendidikan (Sebuah Pendekatan Mengatasi Siswa Bermasalah )

  • Mohamad Zaenal Arifin STAI Binamadani
Keywords: Komunikasi, Spiritual, Terapeutik, Siswa Bermasalah, Pendidikan

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengenalkan model komunikasi yang dapat diterapkan sebagai pendekatan mengatasi masalah spiritual siswa. Model yang dimaksud adalah komunikasi spiritual terapeutik. Lazim diketahui bahwa seringkali guru dihadapkan pada masalah-masalah yang dilakukan oleh siswa. Salah satu masalah yang jarang mendapat perhatian adalah berkenaan dengan masalah spiritual yang dialami siswa. Dengan karakter dan jenis yang berbeda, masalah spiritual siswa memerlukan pendekatan tersendiri dalam penanganannya. Jenis penelitian ini adalah library research, dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa komunikasi spiritual dapat digunakan sebagai bagian terapi bagi masalah spiritual siswa. Dengan menggunakan langkah-langkah dan prinsip-prinsip komunikasi terapeutik, -berupa: pengkajian masalah, diagnosa masalah, rencana tindakan terapi, dan tindakan terapi- komunikasi spiritual dapat dirancang sebagai pendekatan dalam mengatasi masalah spiritual siswa. Kesejahteraan/kecerdasan spiritual yang dicapai melalui komunikasi spiritual terapeutik akan berdampak pada perubahan cara pandang siswa terhadap hidup, sikap dan perilakunya terhadap orang lain, dan kualitas pembelajaran yang diikutinya di sekolah.

Published
2020-08-28
How to Cite
Arifin, M. (2020). Model Komunikasi Spiritual Terapeutik Dalam Pendidikan (Sebuah Pendekatan Mengatasi Siswa Bermasalah ). Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 3(2), 131-149. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/182
Section
Articles