Pendidikan Multi Iman Dalam Al-Qur'an

  • Achmad Saeful STAI Binamadani
Keywords: Pendidikan, Iman, Islam, Ilmu, Al-Qur'an

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang pendidikan multi iman dalam Alquran. Pendidikan multi iman adalah pendidikan yang terbuka terhadap sumber-sumber pengetahuan yang berasal dari luar keyakinan seseorang. Konsep pendidikan ini mengisyaratkan seorang muslim bisa belajar pengetahuan dari orang di luar muslim, seorang nasrani belajar pengetahuan dari orang di luar nasrani atau seorang yahudi belajar dari orang di luar yahudi dan sebagainya. Pendidikan multi iman mensyarakatkan setiap orang untuk bersikap terbuka terhadap setiap perkembangan ilmu pengetahuan, tanpa melihat dari mana pengetahuan itu berasal. Jenis ilmu pengetahuan apa pun yang dipelajari jika membawa korelasi positif bagi kemanusiaan, maka hal itu tidak masalah untuk dilakukan. Pendidikan multi iman adalah pendidikan yang bersifat inklusif kepada setiap ilmu pengetahuan dan tidak membatasi diri pada pengetahuan yang dipelajari dari satu agama saja. Pendidikan ini ingin mendobrak paradigma berpikir ekslusif terhadap ilmu pengetahuan. Melalui semangat ini setiap orang dapat mengembangkan pengetahuan secara luas.

Published
2019-08-12
How to Cite
Saeful, A. (2019). Pendidikan Multi Iman Dalam Al-Qur’an. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 2(2), 1-24. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/124
Section
Articles