KONSUMSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

  • Muh Anshori Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
  • Hani Tahliani STAI Binamadani
  • Rizal Renaldi Sekolah Tinggi Agama Islam Binamadani
Keywords: Konsumsi, Prilaku Konsumsi, Prinsip Konsumsi, Islam

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengupas tentang dasar, prilaku, dan prinsip konsumsi menurut pandangan Islam. Aktivitas konsumsi merupakan kebutuhan bagi setiap orang yang memerlukan aturan agar tidak menimbulkan dampak yang merugikan. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif kepustakaan dimana sumber data diambilkan dari buku, kitab hadits, dan lainnya. Seluruh data dideskripsikan dan dianalisis menjadi sebuah pembahasan yang sistematis.  Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Islam mengatur aktivitas konsumsi agar dilakukan dengan berlandaskan nilai-nilai spiritualisme, memanfaatkan nikmat dan karunia Allah Swt secara adil dan seimbang  sesuai dengan prinsip syari'ah, menghilangkan perilaku berlebihan dan materialistik. Terdapat lima prinsip konsumsi dalam Islam yang harus diikuti oleh setiap muslim, yaitu: prinsip keadilan, kebersihan, kesederhanaan, kemurahan hati, dan moralitas.

Published
2023-09-06
How to Cite
Anshori, M., Tahliani, H., & Renaldi, R. (2023). KONSUMSI DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Syar’ie: Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 6(2), 180-192. https://doi.org/10.51476/syarie.v6i2.542
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.