DISTRIBUSI DALAM KONSEP EKONOMI ISLAM

  • Ahmad Bahrul Hikam Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama Nusantara
Keywords: Ekonomi Islam, Distribusi, Prinsip, Hadits

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengeksplorasi distribusi dalam sistem ekonomi Islam. Dalam kegiatan ekonomi, distribusi menjadi hal krusial yang harus diperhatikan agar kebutuhan masyarakat dapat tercukupi dengan baik. Tulisan ini menggunakan metode library research dimana data-datanya bersumber dari literatur kepustakaan. Data-data yang diperoleh selanjunya dikelompokkan menurut pembahasan yang sesuai, dideskripsikan dan dianalisis guna memperoleh kesimpulan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa sistem distribusi dalam ekonomi Islam mengacu pada al-Qur'an dan hadits. Distribusi menurut Islam harus dilakukan berdasar pada prinsip kebebasan, keadilan, pemerataan, kejujuran dan tidak diperbolehkan berbuat dzalim atau merugikan orang lain. Dari segi tujuan yang hendak dicapai adalah distribusi dilakukan dalam rangka dakwah, pendidikan, sosial dan ekonomi.

dakwah, pendidikan, sosial dan ekonomi.

Published
2023-08-28
How to Cite
Hikam, A. (2023). DISTRIBUSI DALAM KONSEP EKONOMI ISLAM. Syar’ie: Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 6(2), 128-143. https://doi.org/10.51476/syarie.v6i2.535
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.