IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN UMKM DI INDONESIA

  • Ani Faujiah STAI An-Najah Indonesia Mandiri
  • M. Valke Alfayed STAI An Najah Indonesia Mandiri
Keywords: UMKM, Manajemen Keuangan Syariah, Masalah UMKM

Abstract

Tulisan ini bertujuan mengupas salah satu masalah yang dihadapi usaha kecil dan menengah yaitu banyak yang tidak mengerti bagaimana mengelola keuangan dan aset mereka. Akibatnya, banyak usaha kecil menengah Indonesia yang bangkrut. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif kepustakaan. Data diperoleh dari buku, jurnal ilmiah dan lainnya yang memiliki relevansi dengan pembahasan yang ada. Tulisan ini memberikan kesimpulan bahwa usaha kecil dan menengah merupakan salah satu pilar perekonomian Indonesia yang perlu memahami manajemen keuangan syariah. Dalam hal pencatatan keuangan, pelaku UMKM perlu memperhatikan beberapa aspek, yakni: mencatat semua arus keuangan yang masuk maupun keluar, mengenali komponen biaya yang dikeluarkan, memiliki buku catatan keuntungan yang diperoleh,  dan buku catatan persediaan barang. Untuk membantu pelaku UMKM dalam hal manajemen keuangan telah banyak aplikasi digital yang tersedia dan dapat diunduh gratis.  

Published
2024-02-11
How to Cite
Faujiah, A., & Alfayed, M. (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENGEMBANGAN DAN PENINGKATAN UMKM DI INDONESIA. Syar’ie : Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 7(1 Februari), 47-57. https://doi.org/10.51476/syarie.v7i1 Februari.425

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.