PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM PADA OMAR SMART BRAIN (OSB) CORPORATION TANGERANG
Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam pada Omar Smart Brain (OSB) Corporation Tangerang. Dalam konteks dunia bisnis, kasus pelanggaran etika bisnis merupakan hal yang biasa dan wajar pada masa kini. Banyak faktor yang mempengaruhi para pebisnis untuk melakukan pelanggaran etika bisnis, antara lain untuk menguasai pasar, memperluas jaringan, serta mendapatkan banyak keuntungan. Di sisi lain, Islam menempatkan etika bisnis Islam pada posisi tertinggi. Islam tidak membiarkan seseorang bekerja sesuka hati untuk mencapai tujuan dan keinginannya dengan merugikan banyak pihak, seperti konsumen, mitra bisnis, dan masyarakat secara umum. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif lapangan. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menjalankan bisnisnya, Omar Smart Brain (OSB) Corporation Tangerang berusaha menerapkan prinsip-prinsip dan etika bisnis Islam, seperti: tidak melipatgandakan harga dalam jual beli, kejujuran dalam takaran atau timbangan dengan penulisan berat bersih pada keterangan di kemasan produk, memberikan informasi tanpa menutup-nutupi mengenai kelemahan dan kelebihan produk, mencatat segala transaksi keuangan seperti pendapatan dan pengeluaran, memberikan pelayanan yang optimal kepada mitra bisnis dan konsumen, memenuhi kebutuhan customer, melakukan komunikasi yang baik kepada konsumen dan mitra bisnisnya, melakukan berbagi macam bentuk inovasi, dan lainnya.