DAMPAK POSITIF PENUNAIAN ZAKAT TERHADAP KESEHATAN FISIK DAN JIWA MUZAKKI

  • Muhammad Wahib Institut Aagama Islam Negeri Fattahul Muluk Jayapura

Abstract

Tulisan ini membahas tentang dampak positif penunaian zakat terhadap kesehatan fisik dan jiwa muzakki. Sebagai kewajiban maliyah individu muslim, zakat tidak saja memiliki dimensi sosial dan ekonomi, namun juga berdimensi pembinaan dan pendidikan kepribadian kaum mukminin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kepustakaan. Pengambilan datanya bersumber dari buku, kitab tafsir, jurnal, dan lainnya. Kesimpulan pembahasan menunjukkan bahwa menunaikan zakat memiliki kontribusi terhadap kesehatan fisik dan ruhani muzakki. Melalui zakat, Allah Swt membersihkan jiwa orang-orang kaya dari dosa dan akhlak tercela, seperti: bakhil, kikir, rakus harta, keras hati pada orang miskin, dan cinta berlebihan terhadap harta. Allah Swt juga akan menumbuhkan sifat-sifat mulia, seperti: empati, simpati, kedermawanan, dan peduli atas kesusahan orang lain, khususnya orang-orang miskin. Terinternalisasinya sifat-sifat mulia dan tercegahnya dari sifat-sifat buruk akan menjadi stimulan kesehatan fisik dan jiwa muzakki, yang ditandai dengan rasa tenang, damai, bahagia, tidak kuatir, dan semacamnya. Juga membuat sistem imun tubuh menjadi baik sehingga mampu menangkal penyakit.

 

Published
2022-02-17
How to Cite
Wahib, M. (2022). DAMPAK POSITIF PENUNAIAN ZAKAT TERHADAP KESEHATAN FISIK DAN JIWA MUZAKKI. Syar’ie: Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 5(1), 54-66. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/Syarie/article/view/350

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.