NILAI-NILAI SPIRITUAL ENTREPRENEURSHIP (KEWIRAUSAHAAN) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

  • Hamzah Hamzah STAI Binamadani
Keywords: Entrepreneurship, Prinsip Kewirausahaan, Ekonomi Islam

Abstract

Tulisan ini mencoba mengkaji nilai-nilai spiritual entrepreneurship yang terkandung dalam kegiatan ekonomi Islam. Dalam Islam, kegiatan berwirausaha bukan semata-mata kegiatan yang diorientasikan untuk kepentingan duniawi; laba dan lainnya, namun juga memiliki keterkaitan dengan nilai-nilai spiritualitas yang bersumber pada ajaran-ajaran agama (ukhrawi). Karena itu, dalam melakukan kegiatan kewirausahaan, pelaku usaha hendaknya melandaskannnya pada nilai-nilai mulia tersebut. Kajian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis, dan dari pembahasan didapat kesimpulan bahwa  nilai-nilai spiritualitas kewirausahaan tercermin dalam sikap dan prilaku pelaku usaha, yaitu bersikap jujur, amanah, menjauhi kecurangan, percaya diri (self confidence), dan berorientasi tugas dan hasil.

 

Published
2021-02-11
How to Cite
Hamzah, H. (2021). NILAI-NILAI SPIRITUAL ENTREPRENEURSHIP (KEWIRAUSAHAAN) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Syar’ie: Jurnal Pemikiran Ekonomi Islam, 4(1), 43 -57. Retrieved from https://stai-binamadani.e-journal.id/Syarie/article/view/239
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.